Wednesday, March 14, 2012

Larangan Merokok Untuk Pelajar

Saat ini merokok menjadi hal biasa bahkan dikalangan pelajar yang seharusnya menjadi penomena miris kehati setiap orang yang melihat. Tetapi penomena ini seakan-akan biasa dan menjadi tontonan yang wajar dilihat disamping jalan khususnya kota besar seperti jakarta, bogor dan kota-kota besar lainnya, bahkan untuk daerah pedesaan merokok dikalangan pelajar sudah menjadi penomena biasa dikalangan masarakat. Tentu saja ini sangat memprihatikan dan seharusnya ada tindakan dari pemerintah khususnya intansi pendidikan yang tentu saja mereka tahu bagaimana dampak merokok bagi kalangan pelajar.

Pelajar sendiri adalah bagian kalangan yang belum produktif, sehingga mereka seharusnya belajar, merokok sendiri hanya berdamfak buruk bagi perkembangan prilaku dan kesehatan sehingga sudah seharusnya larangan merokok untuk pelajar di perketat. Apalagi melihat perekonomian mayoritas masarakat yang masih dibawah standar, dan sebagian besar pelajar yang merokok justru dari kalangan bawah.

Dan ketika pemerintah dan intansi pendidikan seakan-akan diam melihat perokok dikalangan pelajar, maka masarakat harus bisa melihat dan proaktif dalam mencegah pelajar untuk merokok. Setidaknya sodara, anak dan keluarga kita bisa menjadi bagian yang terjerat dalam lingkaran rokok. Kita harus bisa mencegah orang terdekat kita untuk tidak merokok apalagi mereka masih dalam proses belajar dan belum produktif.

Kebiasan merokok dari semenjak remaja akan berdampak semakin sulit untuk dihilangkan sehingga ketika mereka semakin susah untuk berhenti maka akan semakin sulit, selain itu usia remaja adalah masa pertumbuhan yang paling penting dalam pertumbuhan pisik maupun mentaal, dan rokok bisa menjadi penyebab melemahnya kedua unsur tubuh tersebut, melihat kandungan dalam rokok itu sendiri yang sangat mempengaruhi tubuh dan pikiran pengguna bahkan orang-orang disekitar mereka.

Marik kita sama-sama membangun generasi yang lebih baik, bukan membiarkan generasi kita menjadi generasi yang lemah. Mereka hanya remaja yang mencari tujuan dan mudah terpengaruh oleh lingkungan, peran pemerintah, pendidik dan masarakat sangat penting dalam menjaga mereka dari prilaku yang negatif begitu juga dalam masalah rokok. Mari kita sama-sama membangun dunia pendidikan Indonesia yang lebih baik.

No comments:

Post a Comment